Selasa, 01 Mei 2012

ADAB BERMAAFAN DI HARI LEBARAN

adap bermaafan di hari lebaran

persiapan yang harus dibuat adalah  :) bagaimana cara bermaafan yang baik. Marilah ikuti cara-cara berminta maaf dibawah ini sesuai dengan objeknya:


1. Orang yang lebih tua
Merekalah yang seharusnya pertama kali mendapat permohonan maaf dari kita, orang tua. Yup, misal bapak ibu kita, mereka adalah orang yang selalu menemani kita, tempat kita minta tolong dan membuat berbagai permohonan. Tentunya, banyak sekali kesalahan yang diperbuat baik secara langsung atau nggak. Nah, cara yang tepat untuk memohon maaf pada mereka, yaitu dengan sikap sopan santun yang baik, jangan lupa menggunakan tata krama, juga bahasa yang bagus dan mudah dipahami. Contoh tradisi Jawa dalam bermaafan dengan orang tua ialah sungkeman. Mungkin kesalahan yang diperbuat nggak  bisa disebutkan satu persatu, namun mereka bakalan mengerti kok.

2. Saudara yang lebih tua
Yang dimaksud saudara lebih tua adalah kakak. Nah, buat orang yang satu ini, kita bakal sedikit merasa canggung atau ragu-ragu, iyalah tiap hari kan sering berantem rebutan apalah. Lupakan rasa canggung itu, karena di hari Lebaran nanti, bakal ketauan nggak akurnya dan itu nggak baik. Saat itulah kita berdamai dengannya. Nggak masalah kalau minta maafnya dengan bahasa agak belepotan, yang penting ikhlas dan sang kakak bisa tahu apa yang kita sampaikan. Damai kan lebih baik.

3. Teman sebaya
Inilah sarana gampang buat minta maaf, SMS. Nggak seperti objek minta maaf lainnya yang harus bertatap muka langsung, dengan teman sebaya, kita bebas mengekspresikan cara berminta maaf. Kita dapat mengirim SMS dengan berbagai bahasa, bisa juga menggunakan puisi atau pantun. Mereka bakal seneng mendapatkan SMS dari kalian, apalagi kalo kedua belah pihak dapat bertemu. Just feel free with them, tapi jangan lupa minta maaflah dengan hati yang ikhlas.

4. Adik
Adik atau siapapun orang yang umurnya lebih muda, jangan remehkan untuk meminta maaf  ke mereka, meski mereka nggak sebaya, pastinya kita pernah berbuat salah sama mereka. Mesikpun adik yang sedang kita beri permohonan maaf nggak mengerti, kita tetep berusaha agar kesalahan bisa dimaafkan. Mudah saja bermaafan dengan mereka, dengan ucapan padat,”Dik, maafin kakak ya!” Mereka sudah seneng kok.
Nah, siapapun orangnya, kalau kita pernah berbuat salah dengan mereka, kita harus berminta maaf dengan ikhlas dan nggak tanggung-tanggung. Sekarang, persiapan kamu buat Lebaran sudah lengkap, siap bertemu dengan hari kemengan? Met Lebaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar